MACAM MACAM JENIS SABLON

13 Mei 2020

MACAM MACAM JENIS SABLON

Bagi pemula yang sedang mendirikan usaha Sablon, perlu mengetahui berbagai macam Sablon yang biasanya dipakai dan banyak dicari oleh setiap orang. pemilihan sablon yang kuat adalah tergantung pada jenis cat sablonnya atau kemahiran pekerjanya sehingga membuat hasil sablonan tersebut lebih berkualitas. Pabrikkaosmurah.com menjelaskan jenis jenis sablon yang bagus untuk dipakai.

Jenis sablon kaos Ruber

Jenis sablon ini digunakan sebagai sablon utama, biasanya digunakan untuk sablon dasar sebelum kain diberi sablon yang lainnya. Jenis sablon Kaos Ruber ini tergolong bagus dan sering dipakai, karena kualitas yang dihasilkannya pasti awet dan bisa di setrika.

 Jenis Sablon Kaos Foil

Janis Sablon ini keunggulannya adalah sablonan yang idbuat akan terlihat mengkilat dan bagus serta terlihat jernih. Dalam proses penyablonann dengan Jenis Sablon Foil ini adalah lapisan kertas logam yang direkatkan dengan perekat khusus.

 Jenis Sablon Kaos DTG

Penyablonan dengan DTG membutuhkan mesin mesin khusus seperti mesin Digital dan biasanya digunakan untuk pemesanan dalam jumlah besar.

 Jenis Sablon Kaos Plastisol

Sablonan dengan Jenis Plastisol ini terbuat dari bahan minyak yang mudah merekat. Keunggulan dari sablon ini merupakan sablonan yang harganya lebih mahal dibanding yang lainnya dan kekurangan jenis Sablon menggunakan Plastisol adalah sablonan yang susah kering sehingga memerlukan alat khusus untuk mengeringkannya.

 Sablon Pigmen

Sablon ini bersifat menyerap ke dalam kain, biasanya digunakan untuk kain yang berwarna terang sehingga hasilnya lebih bagus dibandingkan dengan kain yang berwarna gelap.

Sablon Foaming/ Cat Timbul

Sablon Foaming/ Cat timbul menghasilkan efek timbul di kaosnya atau kita sering sebut 3D, timbulnya sablonan ini terlihat setelah proses penyablonan selesai.

Sablon Floacing

Sablon Floacing ini merupakan sablon yang berkarakter, maksudnya apabila setelah proses penyablonan terahir atau finishing, kertas floacing ditempel diatas kaos lalu didinginkan beberapa saat, dan cabut kertas floacing pada kaos secara perlahan.

Sablon Discharge

Sablon Discharge ini cocok digunakan dengan kain yang berbahan Cotton Combed 30s. Sablon Discharge ini lebih dikenal dengan membakar dan menggantikan warna dasar pada kaos. Sablon Discharge ini menambhan obat odorless agent 6-8%. Berbeda dengan yang lainnya, proses finishing ini berlangsung ketika gambar sablonnya masih basah. Pengeringan untuk sablonan Discharge ini tidak bisa sembarangan, harus dilakukan dengan mesin Press agar kualitasya tetap terjaga dan hasilnya lebih bagus.

Sablon Jenis High Density

Proses penyablonan jenis High Density ini memakai cat Plasitol untuk warna yang diinginkan, jenis sablon ini bisa dibilang juga jenis sablon 3D. Penyablonan jenis ini cukup kuat dan terasa timbul pada kaos.

Sablon Superwhite

Sablon jenis Superwhite ini bersifat menembus serat kain. Sablon Superwhite juga bersifat lebih transparan dan sangat cocok di padukan dengan kain yang berwarna gelap. Ciri khas dari penyablonan superwhite ini adalah warnanya cenderung pudar/turun warna.